Pengujian Formil Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara
Tracking Perkara
02-02-2022
1
2
28-03-2022
3
23-02-2022
4
24-02-2022
5
16-03-2022
6
18-05-2022
7
8
9
10
11

Detail Proses dan Dokumen
STEP TANGGAL PROSES FILE
1 02-02-2022 Pengajuan Permohonan disertai Penerbitan AP3 dan DKPP dengan Nomor 15/PUU/PAN.MK/AP3/02/2022 Permohonan

AP3 dan DKPP
2 03-02-2022 Pemeriksaan Kelengkapan dan Perbaikan Permohonan  
3 28-03-2022 Penyerahan Perbaikan Permohonan Perbaikan Permohonan
4 23-02-2022 Permohonan sudah di Registrasi Mahkamah dengan Nomor 25/PUU-XX/2022, dan telah di terbitkan ARPK dengan Nomor 25/PUU/PAN.MK/ARPK/02/2022 ARPK
5 24-02-2022 Telah diterbitkan surat penyampaian salinan permohonan dengan nomor 24.25/PUU/PAN.MK/SP/02/2022
  1. Penyampaian Permohonan ke Presiden Republik Indonesia
  2. Penyampaian Permohonan ke Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI
  3. Penyampaian Permohonan ke Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI
  4. Penyampaian Permohonan ke Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
  5. Penyampaian Permohonan ke Panitera Mahkamah Agung RI
6 16-03-2022
13:30 WIB
Agenda Sidang : Pendahuluan
Acara Sidang : Pemeriksaan Pendahuluan (I)
Jadwal Sidang
7 05-04-2022
13:00 WIB
Agenda Sidang : Perbaikan Permohonan
Acara Sidang : Perbaikan Permohonan (II)
Jadwal Sidang
  21-04-2022
11:00 WIB
Agenda Sidang : Perbaikan Permohonan
Acara Sidang : Mendengarkan Keterangan DPR dan Presiden (III)
Jadwal Sidang
  09-05-2022
11:00 WIB
Agenda Sidang : Perbaikan Permohonan
Acara Sidang : Mendengarkan Keterangan Ahli Pemohon (IV)
Jadwal Sidang
  12-05-2022
13:30 WIB
Agenda Sidang : Perbaikan Permohonan
Acara Sidang : Mendengarkan Keterangan Saksi Pemohon Perkara Nomor 34/PUU-XX/2022 (V)
Jadwal Sidang
  18-05-2022
13:30 WIB
Agenda Sidang : Perbaikan Permohonan
Acara Sidang : Mendengarkan Keterangan Ahli dan Saksi Presiden (VI)
Jadwal Sidang
Berkas
BERKAS
NO
YANG DISERAHKAN
BANYAK
KETERANGAN
PIHAK
1 Permohonan (pdf) 1 Pemohon
2 Permohonan (doc/docx) 1 Pemohon
3 Surat Kuasa 1 Pemohon
4 Daftar Alat / Dokumen Bukti (doc/docx) 1 Pemohon
5 Alat Bukti 1 Pemohon
6 Permohonan tanggal 2 Februari 2022 1 rangkap Asli. Renvoi pada Bagian Perihal hal 1 (kata Perbaikan) Pemohon
7 Surat Kuasa Khusus tanggal 28 Januari 2022 1 rangkap Asli Pemohon
8 KTP, KTA, dan BAS para Kuasa Hukum 1 rangkap Copy/Print Out Pemohon
9 Daftar Alat Bukti tanggal 2 Februari 2022 untuk Bukti P-1 sd P-20 1 rangkap Asli Pemohon
10 Bukti P-1 sd P-20 1 rangkap Asli Pemohon
11 Perbaikan Permohonan tanggal 28 Maret 2022 (Perkara No 25/PUU-XX/2022) & DAB tanggal 28 Maret 2022 untuk Bukti P-1 sd P-43 2 files (Ms Word) Diterima via email MKRI (Senin, 28 Maret 2022 pukul 09.13 WIB) Pemohon
12 Perbaikan Permohonan tanggal 28 Maret 2022 (Perkara No 25/PUU-XX/2022) 4 rangkap Kuasa Hukum a.n Lukmanul Hakim belum TTD. 1 Asli, 3 Copy Pemohon
13 Surat Kuasa Khusus masing-masing bertanggal 22, 23, dan 24 Februari 2022 serta 14, 17 Maret 2022 4 rangkap Kuasa Hukum a.n Lukmanul Hakim belum TTD pada SKK a.n KH Agus Solachul AAM & M. Haikal Firzuni. 1 Asli, 3 Copy Pemohon
14 Daftar Alat Bukti tanggal 28 Maret 2022 untuk Bukti P-1 sd P-43 4 rangkap 1 Asli, 3 Copy Pemohon
15 Bukti P-1 sd P-43 4 rangkap 1 Asli, 3 Copy Pemohon
16 Softcopy Perbaikan Permohonan dan DAB 2 files (Ms Word) Diterima via email MKRI (Senin, 28 Maret 2022 pukul 09.13 WIB) Pemohon
17 KTP a.n Eko Prasetyo, KTA & BAS masing-masing a.n Nurhidayat dan Lukmanul Hakim 4 rangkap Copy Pemohon
18 Surat tanggal 12 April 2022 perihal Surat Permohonan Penetapan Jadwal Sidang (Perkara No 25/PUU-XX/2022) 1 file (PDF) Diterima melalui email MKRI (Selasa, 12 April 2022 pukul 09.43 WIB) Pemohon
19 Surat No: PPE.PP.06.01-586 tanggal 12 April 2022 perihal Permohonan Penundaan Jadwal Sidang (Perkara No 25/PUU-XX/2022) 1 file (PDF) Diterima via email MKRI (Selasa, 12 April 2022 pukul 19.13 WIB) Pemerintah
20 Surat Permohonan Penundaan Sidang bertanggal 12 April 2022 1 rangkap Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022. Versi cetak langsung Pemerintah
21 Surat No: PPE.PP.06.01-611 tanggal 18 April 2022 perihal Permohonan Pencabutan Penundaan Jadwal Sidang atas Perkara 25/PUU-XX/2022 1 file (PDF) Diterima via email MKRI (Senin, 18 April 2022 pukul 17.53 WIB) Pemerintah
22 Keterangan Pihak Terkait an. Heru Purwanto, dkk (APTB) bertanggal 28 Maret 2022 7 rangkap Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022. 1 asli, 6 rangkap. Softcopy mohon diserahkan via email Pihak Terkait
23 KTP Para Pemohon PT Alumni Perguruan Tinggi Bersatu (APTB) 7 rangkap Pihak Terkait
24 Keterangan Pihak Terkait an Dr. Hj. Maria Zuraida, dkk yang tergabung dalam UI Watch Dua bertanggal 14 April 2022 7 rangkap Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022. 1 asli, 6 rangkap. Mohon softcopy diserahkan via email Pihak Terkait
25 KTP Para Pemohon PT UI Watch Dua 7 rangkap Pihak Terkait
26 Keterangan Pihak Terkait an Nirmala Chandra Dewi yang tergabung dalam UI Watch Satu bertanggal 13 April 2022 7 rangkap Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022. 1 asli, 6 rangkap. Softcopy mohon diserahkan via email Pihak Terkait
27 KTP Para Pemohon PT UI Watch Satu 7 rangkap Pihak Terkait
28 Keterangan Presiden tanggal 19 April 2022 (Perkara No 25/PUU-XX/2022) 1 rangkap Asli. Softcopy berupa Ms-Word dan PDF harap dikirim ke email: [email protected] Pemerintah
29 Keterangan Presiden bertanggal 19 April 2022 9 rangkap Perkara Nomor 25&34/PUU-XX/2022. 1 asli, 8 rangkap Pemerintah
30 Daftar Alat Bukti PK-1 sd PK-5 1 rangkap Pemerintah
31 Bukti Fisik PK-1 sd PK-5 1 rangkap Mohon melengkapi berkas sesuai catatan yang diberikan petugas dalam memverifikasi berkas Pemerintah
32 Softcopy Ketpres dan Scan alat bukti 1 folder Pemerintah
33 Surat Kuasa Substitusi Menkum HAM masing-masing tanggal 9 dan 30 Maret 2022, Surat Kuasa Substitusi Menteri ATR/BPN masing-masing No: 12 dan 13/SKu-.HK.03.02/IV/2022 tanggal 20 April 2022, serta Surat Kuasa Substitusi Menteri/Kepala BAPPENAS No: 335/M.PPN/03/2022 tanggal 22 Maret 2022 (Perkara 25 & 34/PUU-XX/2022) 4 files (PDF) Diterima via email MKRI (Kamis, 21 April 2022 pukul 10.10 WIB) Pemerintah
34 Surat tanggal 22 April 2022 perihal Permohonan Audiensi dengan Dewan Etik MK 1 file (PDF) Diterima via email MKRI (Jumat, 22 April 2022 pukul 10.29 WIB) Pemohon
35 Keterangan Ahli an. Prof Susi D.H. bertanggal 8 Mei 2022 1 file Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022. Via email pada Minggu, 8 Mei 2022, pk. 23.56 WIB. Mohon Surat Tugas diserahkan secara langsung / via email. Pemohon
36 CV Ahli an. Prof Susi D.H. 1 file Via email pada Minggu, 8 Mei 2022, pk. 23.56 WIB. Pemohon
37 Permohonan pengajuan sebagai Pihak Terkait tanggal 1 Mei 2022, KTP Pihak Terkait a.n Decky Samuel, DAB P-1, dan Bukti P-1 (belum leges meterai) (Perkara No 25 dan 34/PUU-XX/2022) 5 files (JPEG, PDF, dan Ms Word) Diterima via online atau simpel.mkri.id (Kamis, 05 Mei 2022 pukul 08.20 WIB) Pihak Terkait
38 Surat No: PPE.7.PP.06.01 - 141 tanggal 9 Mei 2022 perihal Permintaan Keterangan Ahli a.n Prof. Susi Dwi Harijanti, S.H., LL.M., PhD. (Perkara No 25 & 34/PUU-XX/2022) 1 file (PDF) Diterima via email MKRI (Senin, 9 Mei 2022 pukul 15.20 WIB) Pemerintah
39 Surat Permohonan Salinan Keterangan Ahli an. Prof Susi Dwi Harijanti 1 rangkap Perkara Nomor 25 & 34/PUU-XX/2022 Pemerintah
40 Surat Pengantar Permohonan Pengajuan Ahli dan Saksi, CV Ahli dan Saksi, Scan KTP Ahli dan Saksi, Surat dari Instansi terkait Ahli dan Saksi, serta Keterangan Tertulis masing-masing Ahli dan Saksi masing-masing a.n Wicipto Setiadi (ahli) dan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (saksi) (Perkara No 25 & 34/PUU-XX/2022) 5 files (PDF) Diterima via email MKRI (Sabtu, 14 Mei 2022 pukul 11.47 WIB) Pemerintah
41 Keterangan Ahli, KTP, ST, dan CV Wicipto Setiadi 1 rangkap Perkara Nomor 25 & 34/PUU-XX/2022 Pemerintah
42 Keterangan Saksi, KTP, Suket, dan CV Bambang P.S. Brodjonegoro 1 rangkap Pemerintah
43 Softcopy Keterangan Ahli dan Saksi 1 folder Mohon menyerahkan keterangan ahli dan saksi dalam bentuk word via email Pemerintah
44 Keterangan Wicipto Setiadi (ahli) dan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (saksi) 2 files (Ms Word) Diterima via email (Rabu, 18 Mei 2022 pukul 08.37 WIB) Pemerintah
45 DAB Bukti P-44, Scan Alat Bukti P-44, dan Keterangan Ahli a.n Zainal Arifin Mochtar 4 files (PDF dan Ms Word) Diterima via email MKRI (Rabu, 18 Mei 2022 pukul 10.49 WIB) Pemohon
46 DAB P-44 4 rangkap Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022. 1 asli, 3 rangkap Pemohon
47 Bukti Fisik P-44 4 rangkap 1 asli, 3 rangkap Pemohon
48 Keterangan Ahli an. Zainal Arifin Mochtar 4 rangkap Pemohon
49 Softcopy Keterangan Ahli dan DAB 1 folder Pemohon
50 Surat Permohonan Inzage bertanggal 20 Mei 2022 1 file Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022 Pemohon
Detail Perkara
No Perkara : 25/PUU-XX/2022
Pokok Perkara : Pengujian Formil Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara
Pemohon : Dr. Abdullah Hehamahua
Dr. Marwan Batubara, M.Sc.
Dr. H. Muhyiddin Junaidi, M.A.
Letjen. TNI Mar (Purn) Suharto
Mayjen TNI (Purn) Soenarko MD
Dr. Taufik Bahaudin, S.E.
Dr. Syamsul Balda, S.E., M.M., MBA.
Habib Muhsin Al Attas
Agus Muhammad Maksum
Drs. H. M. Mursalim R
Ir. Irwansyah
Agung Mozin
Kuasa Hukum : Viktor Santoso Tandiasa
Ahmad Wirawan Adnan, S.H., M.H.
Bisman Bachtiar, S.H., M.H. M.M.
Djudju Purwantoro, S.H.
Harseto Setyadi Rajah, S.H
Eliadi Hulu
Risalah Sidang
NO
TANGGAL
ACARA SIDANG
RISALAH SIDANG
PDF AUDIO
1 2022-03-16 13:43:00 PEMERIKSAAN PENDAHULUAN (I) PDF AUDIO
2 2022-04-05 13:10:00 Perbaikan Permohonan (II) PDF AUDIO
3 2022-04-21 11:05:00 MENDENGARKAN KETERANGAN DPR DAN PRESIDEN (III) PDF AUDIO
4 2022-05-09 11:26:00 Mendengarkan Keterangan Ahli Pemohon Perkara Nomor 25/PUU-XX/2022 (IV) PDF AUDIO
5 2022-05-12 13:08:00 Mendengarkan Keterangan Saksi Pemohon Perkara Nomor 34/PUUXX/2022 (V) PDF AUDIO
6 2022-05-18 13:40:00 Mendengarkan Keterangan Ahli dan Saksi Presiden (VI) PDF AUDIO
Pengujian Undang Undang yang serupa
NO
NO PERKARA
POKOK PERKARA
PEMOHON
TRACKING